8 Desa Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi!

8 Desa Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi!

MimbarDesa.com - Kabupaten Bojonegoro di ujung barat Jawa Timur memiliki keindahan alam yang mempesona. Selain itu, ada berbagai potensi yang dimiliki oleh Kota Migas ini berupa Desa Wisata.

Dalam situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta) milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terdapat 8 desa wisata terverifikasi di Bojonegoro yang bisa dikunjungi.

Masing-masing desa ini memiliki keunikan sehingga sayang untuk dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Kota Ledre.

8 Desa Wisata di Bojonegoro:

1. Desa Wisata Deru

Desa Wisata Deru terletak di Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Hanya berjarak 21 kilometer dari Bojonegoro Kota, desa wisata ini berlatar belakang masyarakat perdesa dengan mayoritas becocok tanam padi.

Desa wisata ini memanfaatkan embung yang digunakan untuk mengairi sawah sebagai daya tarik pengembangan sektor wisatanya. Di tempat tersebut, ada pusat kuliner, spot selfie, wahana air, dan tempat olahraga seperti voli serta sepakbola.

Kesenian di Desa Wisata Deru juga dikembangkan oleh warga setempat sebagai daya tarik bagi wisatawan, seperti jaranan dan campursari. Selain itu, kita juga bisa datang ke Pring Watu sebagai tempat yang disakralkan warga untuk belajar tentang sejarahnya,

Wisatawan juga bisa merasakan serunya mancing bareng di embung, wahana tjok brosot, serta festival layangan di desa wisata ini. Jika ingin bersantai, pengunjung bisa datang ke Kafe Embung Tjok Brosot. Bakpia De Food juga menjadi andalan oleh-oleh untuk dibawa pulang dari desa ini.

Informasi Kontak Desa Wisata Deru

Email: [email protected]

Website: www.kimderumaju.com

2. Desa Wisata Drenges

Desa Wisata Drenges berada di Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. Andalan dari desa wisata ini adalah sate jamurnya yang khas. Jika wisatawan ingin membawa buah tangan, berbagai pilihan kripik seperti kripik jamur, keripik pisang, keripik singkong, dan keripik usus juga wajib dibawa sepulang dari desa wisata ini.

Tempat ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan outbound perusahaan, organisasi, sekolah, bahkan keluarga. Sebab Desa Wisata Drenges menyediakan trainer outbound berpengalaman dan games edukasi yang bisa menambah keakraban dan melatih kerja sama.

Selain itu, ada beberapa fasilitas lain sebagai penunjang. Antara lain kebun Pak Tris, Omahe Jamur, spot selfie, kolam renang, kafe, kedai tahu walik, dan kedai jajanan ringan yang bisa menjadi jujugan di desa wisata ini.

Informasi Kontak Desa Wisata Drenges

Email: [email protected]

Instagram: @kampoengdrenges

3. Desa Wisata Kalianyar

Desa Wisata Kalianyar diinisiasi karena terdapat sebuah lapangan yang tidak dimanfaatkan sejak tahun 2010. Lapangan tersebut di musim kemarau tanahnya pecah, namun di musim penghujan dipenuhi air sehingga tak bisa dimanfaatkan optimal

Terletak di Desa Kalianyar Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2019 area lapangan ini dibuah menjadi taman desa. Berbagai tumbuhan ditanam di taman yang diberi nama Wisata Taman Kalianyar Mumbul ini, seperti misalnya aneka tanaman bunga, pohon pule, kembang kertas, dan bunga warna-warni.

Selain itu, disediakan juga spot foto selfie, perahu bebek, dan aneka permainan untuk anak-anak seperti istana balon, mobil mobilan, hingga mandi bola. Aneka hiburan ini menjadikan Desa Wisata Kalianyar menjadi favorit masyarakat untuk bermain bersama si buah hati.

Cukup dengan Rp 3 ribu saja, pengunjung bisa berjalan-jalan dan menikmati sejuknya Taman Mumbul. Selain itu, wisatawan juga bisa memberi makan ikan dengan pelet yang didapatkan ketika membayar tiket masuk.

Informasi Kontak Desa Wisata Kalianyar

Email: [email protected]

Facebook: Taman Kalianyar Mumbul

4. Desa Wisata Kampung Tumo

Sebagai desa wisata dengan kategori maju, Desa Wisata Kampung Tumo memiliki branding "Kampung Inggrisnya Bojonegoro". Sebab desa wisata ini merupakan desa wisata edukasi yang salah satu unggulannya adalah kelas bahasa Inggris.

Letaknya di Jalan Kedewan, Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro. Cukup jauh berada di ujung utara dan ujung barat Bojonegoro, berbatasan dengan Jawa Tengah. Meskipun cukup jauh, tetapi setelah pulang dari desa wisata ini, pengunjung pasti akan memiliki keterampilan dan pengetahuan baru.

Karena selain kelas bahasa Inggris, desa wisata ini juga menyediakan berbagai pelatihan pengembangan diri. Misalnya public speaking, mental building, motivation training, character building, hospitality, teamwork building, dan lain sebagainya.

Jika wisatawan ingin menginap, Kampung Tumo menyediakan penginapan dan glamping ground yang dilengkapi dengan kafe, restoran, dan kolam renang yang akan membuat betah saat berkunjung di sana. Desa wisata ini juga mengakomodir kebutuhan pesta pernikahan yang unik dengan tema alam.

Informasi Kontak Desa Wisata Kampung Tumo

Email: [email protected]

Instagram: @kampungtumo.id

5. Desa Wisata Ngringinrejo

Segarnya buah belimbing yang langsung dipetik dari pohon bisa dirasakan saat berada di Desa Wisata Belimbing Ngringinrejo. Sebagai salah satu desa wisata edukasi di Bojonegoro, wisatawan dapat belajar seputar belimbing di sini.

Lokasinya juga cukup dekat dengan pusat kota, yaitu di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Kurang lebih sekitar 15 kilometer ke arah barat menuju Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Luas kebun belimbing di desa wisata ini sekitar 21 hektare. Suasananya yang sejuk dan asri bisa menyegarkan pikiran wisatawan yang berkunjung. Dalam setahun, kebun yang dikelola oleh 102 petani ini bisa panen sebanyak 3-4 kali.

Ciri khas buah belimbing di desa wisata ini adalah ukurannya yang relatif besar dan buahnya yang segar manis. Pelancong dapat memilih buah yang diinginkan dan bisa makan sepuasnya di tempat. Jika ingin dibawa pulang, akan dikenakan biaya tambahan sesuai berat buahnya.

Selain bisa membawa pulang buahnya, pengunjung juga dapat membeli aneka ragam olahan belimbing yang diproduksi di sini. Seperti misalnya dodol belimbing, sirup belimbing, dan kerupuk dengan bahan bakunya juga belimbing.

Festival belimbing juga diadakan warga setempat setiap tahunnya. Di acara ini, ada arak arakan gunungan belimbing dan tumpeng hingga berebut buah belimbing. Selain itu, kesenian daerah seperti reog, tarian jaranan, dan kirab juga memeriahkan tradisi tahunan ini.

Informasi Kontak Desa Wisata Ngringinrejo

Email: [email protected]

Instagram: @agrowisatakebunblimbing

6. Desa Wisata Pejambon

Masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, Desa Wisata Edukasi Pejambon merupakan desa wisata yang murah meriah namun memiliki konsep yang mewah. Desa wisata ini terletak di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Konsep edukasi yang dibawakan oleh Desa Wisata Pejambon adalah menyajikan kolaborasi edukasi pertanian dengan bentuk museum pertanian, serta edukasi luar ruangan dengan menyediakan lapangan dan fasilitas outbound.

Terdapat wahana yang menunjang desa wisata ini. Antara lain permainan ATV, flying fox, wisata tengah sawah, spot selfie, serta kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Informasi Kontak Desa Wisata Pejambon

Email: [email protected]

Instagram: @wisataedukasipejambon

7. Desa Wisata Puthuk Kreweng

Menawarkan keindahan alam yang luar biasa, Desa Wisata Puthuk Kreweng bisa menjadi jujukan wisatawan yang ingin menikmati indahnya Bojonegoro. Berbagai aktivitas dan hobi bisa dilakukan di desa wisata ini.

Dengan lahan seluar tujuh hektare, ada beragam wisata yang bisa dinikmati di sini. Misalnya flying fox, kolam renang, dan aktivitas outbound. Selain itu, ada sirkuit motor trail yang terkenal dengan tantangannya bernama seribu tanjakan.

Berada di Jalan Raya Gayam, Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, wisata ini buka setiap hari pukul 09.00 - 21.00 WIB. Cukup dengan HTM Rp 5 ribu rupiah, indahnya senja di Puthuk Kreweng tak boleh dilewatkan.

Selain untuk berwisata bersama keluarga, Puthuk Kreweng juga menawarkan penyewaan tempat yang bisa digunakan sebagai tempat rapat, resepsi pernikahan, tasyakuran, dan lain sebagainya. Kegiatan lain seperti senam, bermain ATV, atau sekadar duduk-duduk santai di gazebo membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Informasi Kontak Desa Wisata Puthuk Kreweng

Email: [email protected]

Instagram: @exploreputhukkreweng

8. Desa Wisata Sambongrejo

Berada di lembah puncak tertinggi Pengunungan Kendeng, Desa Wisata Sambongrejo menjadi lokasi wisata sekaligus edukasi wisata. Alamat dari desa wisata ini yaitu Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

Tempat yang bisa dikunjungi di desa wisata ini antara lain Taman Watu Romo yang memiliki konsep replikasi ikon Bojonegoro dengan konsep miniatur. Selain itu, di sini terdapat banyak stand UMKM untuk nongkrong santai bersama teman. Terdapat pula taman bermain dan kolam renang yang terbuka untuk umum.

Informasi Kontak Desa Wisata Sambongrejo:

Email: [email protected]

Facebook: KertoRaharjo Sambongrejo Gondang. *

Berita Lainnya

Index