Ditetapkan Sebagai Smart Village, Kades akan Fasilitasi Ruang Komunitas Digital di Desa Zed

Ditetapkan Sebagai Smart Village, Kades akan Fasilitasi Ruang Komunitas Digital di Desa Zed
Kepala Desa Zed Mat Amin

MimbarDesa.com - Kepala Desa Zed Mat Amin mengapresiasi orientasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) yang diselenggarakan oleh Duta Digital dan Kader Digital Desa Zed pada Sabtu (27/4/2024).

Diketahui Desa Zed tercatat sebagai satu dari 15 desa di Kabupaten Bangka yang ditetapkan sebagai desa cerdas atau smart village oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

"Memang sekarang eranya digital. Pemerintah desa dan masyarakat desa tidak boleh tertinggal dan harus mampu mengimbangi itu. Kalau digitalisasi sampai masuk ke Desa, maka akan terjadi percepatan pertumbuhan kualitas sumber daya masyarakat, peningkatan ekonomi hingga PAD (Pendapatan Asli Desa)," ujar Mat Amin kepada Bangkapos.com, Minggu (28/4/2024).

Mat Amin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PDTT yang telah memilih Desa Zed sebagai smart village.

"Pihak kami akan selalu mendukung untuk membangun (RKDD) yang representatif agar bisa dioptimalkan oleh tim pengelola RKDD dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Apalagi RKDD ini sangat besar manfaatnya untuk membantu meningkatkan listerasi digital masyarakat di Desa Zed. Nanti bisa dikembangkan menajadi taman baca dan tempat kumpul-kumpul anak muda," jelas Mat Amin.

Mat Amin turut mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Desa PDTT, Duta Digital, dan Kader Digital Desa yang telah mendampingi Desa Zed sebagai Smart Village.

Sementara itu Duta Digital Kementerian Desa PDTT Arinda Unigraha berharap respon positif yang diberikan Mat Amin dapat menjadi pemicu semangat bagi kader digital desa dan tim pengelola RKDD Cerudik Desa Zed. 

"Semoga program ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan secara mandiri oleh Desa melalui intervensi ADD setelah program ini ditutup oleh Kemendesa PDTT pada akhir tahun, supaya eksistensi dan kebermanfaatan RKDD dapat terus dirasakan oleh masyarakat," pungkas Arinda. *

Berita Lainnya

Index