Mayoritas Dukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Jatiroto Kebumen Jadi Desa AMIN

Mayoritas Dukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Jatiroto Kebumen Jadi Desa AMIN
Deklarasi warga Desa Jatiroto, Buayan, Kebumen menjadi Desa AMIN karena mayoritas warganya mendukung dan memilih pasangan AMIN pada Pilpres 2024.

Kebumen,MimbarDesa.com– Warga Desa Jatiroto, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mayoritas mendukung capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024. Warga pun mendeklarasikan Jatiroto sebagai Desa AMIN. Deklarasi Desa AMIN digelar pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Dalam acara tersebut, perwakilan warga membacakan teks deklarasi sebagai berikut:

Kami warga Desa Jatiroto, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen menyatakan dengan sukarela tanpa paksaan siap mendukung dan memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024-2029.
Demikian pernyataan sikap kami, semoga Allah SWT memberikan ridho kepada semua. Aamiin.

Koordinator Presidium DPD Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) Kebumen Sri Winarti mengatakan, alasan warga mendelarasikan Jatiroto sebagai Desa AMIN karena mayoritas warga mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. “Alasan itulah maka Desa Jatiroto menjadi Desa AMIN,” katanya kepada KBA News, Minggu, 29 Oktober 2023.

Mbak Win, sapaan akrab Sri Winarti, mengungkapkan, Desa Jatiroto yang menjadi Desa AMIN ini terdiri dari beberapa dusun atau kampung. “Waktu ANIES menawari deklarasi kampung AMIN, warga malah bilang jangan hanya Kampung, tapi Desa AMIN sekalin. Jadi ini lebih luas dari kampung atau dusun,” ungkapnya.

Dia mengatakan, deklarasi Desa AMIN ini murni inisiatif warga. Kebetulan banyak tokoh masyarakat yang mendukung pasangan AMIN. Desa Jatiroto memang kalangan nadliyin. Selain itu, Ketua Ranting ANIES juga dari tokoh Nahdliyin. “Jadi deklarasi Desa AMIN ini murni inisiatif warga, tidak digerakkan oleh caleg atau parpol pengusung dan pendukung,” jelasnya.

Menurut dia, deklarasi Desa AMIN ini merupakan dukungan yang luar biasa dan membangkitkan semangat warga desa lainnya. “Mungkin warga desa lain masih malu-malu mendukung pasangan AMIN, dengan adanya Desa AMIN ini mereka jadi ikut mendukung, setidaknya tidak malu lagi,” ungkapnya.

Mbak Win berharap deklarasi Desa AMIN di Kebumen ini bisa menginspirasi desa-desa di kecamatan untuk melakukan hal serupa. “Semoga bisa menyemangati desa lain dan lahir Desa AMIN di kecamatan lain di Kebumen. Bahkan juga di Jawa Tengah hingga Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, pada deklarasi Desa AMIN ini dihadiri perwakilan partai pengusung AMIN, yakni NasDem, PKB, dan PKS. Acara juga dihadiri perwakilan DPP Koordinator ANIES Jawa Tengah Sapto Widodo. (Chdy)

Berita Lainnya

Index