51 calon kades bertarung berebut kursi pada pilkades 14 desa Penajam

51 calon kades bertarung berebut kursi pada pilkades 14 desa Penajam

Penajam paser utara,MimbarDesa.com - Sebanyak 51 calon kepala desa (kades) bakal bertarung memperebutkan kursi atau jabatan kades pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di-14 desa yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yayuk Eka Pratiwi di Penajam, Rabu, mengatakan, ke-51 calon kades telah dinyatakan lulus seleksi berkas dan berhak menjadi peserta pilkades.

Ke-51 calon kades itu, lanjut dia, berasal dari 14 desa yang mengikuti pilkades serentak 2023.

"Hari ini terakhir calon-calon kades lakukan kampanye di masing-masing desa, jadwal kampanye mulai 23 Oktober sampai 25 Oktober 2023," tambahnya.

Setelah pelaksanaan tahapan kampanye, selanjutnya masa tenang selama tiga hari dan pencoblosan atau pemungutan suara pilkades digelar pada 29 Oktober 2023.

Data pemilih tetap (DPT) pilkades itu sudah ditetapkan sebanyak 30.155 pemilih untuk 14 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa, terinci 15.448 jiwa pemilih laki-laki dan pemilih perempuan 14.634 jiwa.

Pemilih pada pilkades yang tercatat sekitar 30.155 jiwa itu, akan mencoblos atau memberikan hak suara pada 60 tempat pemungutan suara (tps), jelas dia, yang tersebar di 14 desa penyelenggara pilkades.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan seluruh tahapan pilkades hingga pencoblosan dan penghitungan suara.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak aparatur keamanan termasuk intelijen terus mengawasi setiap tahapan pilkades," demikian Yayuk Eka Pratiwi.

Ke-14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara yang menyelenggarakan pilkades pada tahun ini (2023)!di antaranya, Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam, serta Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.

Berikutnya Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu, serta Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow di Kecamatan Sepaku. (Chdy)

Berita Lainnya

Index