KemenPPPA gencarkan DRPPA karena desa ujung tombak pembangunan

KemenPPPA gencarkan DRPPA karena desa ujung tombak pembangunan
Paparan yang disampaikan Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Pendidikan KemenPPPA Amurwani Dwi Lestariningsih dalam webinar bertajuk "Perlindungan Perempuan dan Anak dari Kekerasan dalam Keluarga di Pedesaan", di Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTA

MimbarDesa.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyebut bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional, yang jumlah dan perannya sangat strategis untuk dapat diberdayakan dalam mencapai tujuan SDG's.

"Desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional. Kalau di Indonesia, jumlahnya sangat banyak dan peranannya sangat strategis," kata Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Pendidikan KemenPPPA Amurwani Dwi Lestariningsih dalam webinar bertajuk "Perlindungan Perempuan dan Anak dari Kekerasan dalam Keluarga di Pedesaan", di Jakarta, Selasa.

Hal ini mengingat komposisi perempuan dan anak menempati 65,2 persen dari keseluruhan total populasi di Indonesia, dimana 43 persen berada di desa.

Amurwani Dwi Lestariningsih menambahkan masih banyaknya isu-isu perempuan dan anak, seperti pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang belum sepenuhnya berbasis hak anak dan masih banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Kemudian perempuan masih menemui kesulitan dalam mengambil kesempatan dan berkiprah di sektor ekonomi, masih terdapat anak yang bekerja, dan kasus perkawinan anak di Indonesia masih tinggi," katanya.

Untuk itu, menurut dia, keberadaan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) sangat penting guna melindungi perempuan dan anak dari kekerasan serta meningkatkan kehidupan keluarga, khususnya ibu dan anak.

Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia. *

Berita Lainnya

Index