Waka MPR Tekankan Dana Desa Harus Dimaksimalkan untuk Pembangunan

Waka MPR Tekankan Dana Desa Harus Dimaksimalkan untuk Pembangunan
Foto: MPR RI

Jakarta,MimbarDesa.com - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa sebagai negara berkembang, Indonesia dalam posisi terus memaksimalkan pembangunan dari kota hingga desa. Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan dana desa.
Dalam acara workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Fadel menjelaskan dalam proses pembangunan, desa memiliki arti dan peran yang sangat penting yakni merupakan ujung tombak pembangunan dalam proses mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sebab, hampir sebagian besar rakyat Indonesia menetap di desa-desa dan menjadi penyedia Sumber Daya Manusia (SDM).

"Desa juga memiliki sumber daya alam yang dapat digunakan untuk pembangunan, seperti tanah, air, dan lahan pertanian," ujar Fadel dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Melihat begitu pentingnya desa dalam proses pembangunan nasional, Fadel menekankan agar Dana Desa yang digelontorkan untuk desa-desa lebih dimaksimalkan penggunaannya dan diawasi, dengan mekanisme yang ketat sehingga anggaran desa sesuai peruntukannya. Sehingga, pemanfaatan anggaran menjadi lebih luas.

"Salah satunya, saya usul agar ada anggaran insentif atau bonus buat para kepala desa berprestasi yang mampu menjadikan desanya produktif sehingga mampu mensejahterakan rakyatnya," imbuhnya.

Fadel juga menambahkan semasa dirinya menjabat Gubernur Gorontalo, ia memberikan tambahan anggaran insentif atau bonus untuk para kepala desa yang berprestasi. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang terkait otonomi daerah.

"Saya berpegang kepada UU No.32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah dan UU No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Di mana pemerintah daerah punya hak untuk memberikan insentif tambahan atau bonus," terangnya.

Di akhir sesi, juga dibuka ruang dialog. Para kepala yang hadir pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berdialog langsung dengan narasumber, terutama Fadel Muhammad.

Beberapa di antaranya sangat setuju dengan usulan insentif tambahan untuk para kepala desa yang berprestasi. Sebab, banyak kepala desa yang merasakan dampak positifnya ketika Fadel yang saat itu menjabat sebagai Gubernur mengeluarkan kebijakan baik itu.

Acara tersebut diinisiasi perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dan dilaksanakan di Gedung Putera Tunggal, Modelomo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Senin (16/10/2023). Acara ini turut dihadiri PJ. Bupati Boalemo Sherman Moridu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Heru Tarsila, Kakanwil DJPb Adnan Wimbyarto, para Camat, dan kepala desa se-Kabupaten Boalemo. (Chdy)

Berita Lainnya

Index