Gerakan literasi desa di Indonesia dekatkan buku kepada masyarakat

Gerakan literasi desa di Indonesia dekatkan buku kepada masyarakat
Pelaksana Tugas Kepala Perpusnas E Aminudin Azis ditemui media usai acara "Pencanangan Gerakan Literasi Desa sebagai Puncak Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke-44 dan Hari Buku Nasional 2024". (ANTARA/HO-Perpusnas

MimbarDesa.com - Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E Aminudin Azis menyatakan bahwa gerakan literasi desa semakin mendekatkan buku kepada masyarakat dan menyediakan bahan bacaan yang sesuai kebutuhan dengan mereka.

"Kita menjadi saksi tekad kuat bangsa ini untuk membangun literasi dari desa, dan kita memulainya dengan semakin mendekatkan buku kepada para calon pembaca agar tidak ada lagi alasan mereka tidak bisa mengakses buku, juga menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Aminudin di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam acara "Pencanangan Gerakan Literasi Desa sebagai Puncak Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke-44 dan Hari Buku Nasional 2024".

Menurutnya, akar permasalahan yang terjadi di masyarakat yakni kurangnya ketersediaan buku yang sesuai dengan minat calon pembaca, untuk itu, Perpusnas berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDDT), serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelaraskan kebijakan program pembangunan literasi bersama-sama."

Melalui Gerakan Literasi Desa ini kami ingin menyediakan bahan-bahan bacaan yang memang relevan dengan kebutuhan mereka. Perpusnas akan membangun ruang baca di 10.000 desa dan taman bacaan masyarakat (TBM) dengan dukungan 1.000 judul buku bacaan untuk masing-masing ruang baca," ucap Aminudin.

Selain itu, Perpusnas juga akan melakukan pelatihan intensif kepada para calon pengelola yang difasilitasi oleh para pegiat literasi di masyarakat yang kiprahnya sudah terbukti dalam melaksanakan gerakan literasi mandiri. *

Berita Lainnya

Index