PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Manggarai Barat

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Manggarai Barat
PT PLN (Persero) telah berhasil mengaliri listrik pada Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-PLN NTT)

MimbarDesa.com - PT PLN (Persero) berhasil mengalirkan listrik ke Desa Ngancar Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai bentuk komitmen untuk melistriki desa dan dusun di daerah itu pada tahun 2024.

"Dengan masuknya listrik PLN ke pedesaan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan dengan akses penerangan," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan resmi yang diterima di Solor, Kabupaten Flores Timur, NTT, Senin.

PLN Unit Induk Wilayah NTT melalui Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores telah berhasil melaksanakan komisioning test jaringan listrik di Desa Ngancar.

Komisioning test itu memiliki panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 6,62 km, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 7,30 km, dan 3 Unit Gardu dengan kapasitas 150 kVA.

Pada komisioning test jaringan listrik Desa Ngancar, terdapat potensi pelanggan sebanyak 197 kepala keluarga.

Sindu menyatakan komitmen PLN menyelesaikan program listrik desa sesuai dengan target yang ditetapkan.

Dengan masuknya listrik PLN ke pedesaan, ia berharap ada peningkatan akses peralatan elektronik dan informasi, serta dapat meningkatkan produktivitas dan ekonomi lokal dengan mendukung usaha mikro dan kecil.

"Dan mendukung kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan genset dan bahan bakar fosil," kata dia.

Dalam Program Listrik Desa, PLN telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat melalui Program Listrik Desa.

PLN pun memberikan apresiasi atas dukungan semua pihak sehingga listrik dapat dialirkan ke wilayah itu.

"Sosialisasi terkait proses pasang baru terus digalakkan PLN agar masyarakat mengetahui jelas prosesnya dan melakukan permohonan pasang baru sesuai prosedur yang ada," ucapnya.

Kepala Desa Ngancar Pankrasius Purnama memberikan apresiasi kepada PLN karena telah menyelesaikan pengerjaan jaringan listrik di desa tersebut.

"Selama proses pekerjaan, masyarakat Desa Ngancar sangat mendukung sehingga pekerjaan selesai tanpa hambatan dan mudah-mudahan ke depan masyarakat dapat terus mendukung program PLN," kata Pankrasius. *

Berita Lainnya

Index