Pemkab Muba bangun puskesmas di desa eks transmigrasi

Pemkab Muba bangun puskesmas di desa eks transmigrasi
Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud meresmikan Puskesmas Babat Supat. ANTARA/HO-Diskominfo Muba/24

MimbarDesa.com - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan membangun pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kawasan desa eks transmigrasi di Kecamatan Babat Supat.

"Pembangunan puskesmas ini telah dinantikan puluhan tahun oleh masyarakat, akhirnya tahun ini warga di empat desa eks transmigrasi di Kecamatan Babat Supat resmi memiliki puskesmas," kata Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, empat desa di Kecamatan Babat Supat yang dimaksud yakni Desa Bandar Tenggulang, Desa Tenggulang Raya, Desa Tenggulang Baru, dan Desa Sumber Jaya.

Hal ini direalisasikan sebagai wujud kepedulian pihaknya melihat warga harus menempuh puluhan kilometer untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dia menjelaskan bahwa sejak satu tahun lalu dirinya mendapatkan laporan dari masyarakat Desa Tenggulang Raya, Kecamatan Babat Supat terkait kendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena keberadaan puskesmas yang sangat jauh. "Alhamdulillah hari ini kita resmikan bangunan Puskesmas Tenggulang Raya. Kini warga di empat desa eks transmigrasi di Kecamatan Babat Supat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan keberadaan puskesmas tersebut," jelasnya.

Puskesmas Tenggulang Raya juga dilengkapi dengan layanan Unit Gawat Darurat (UGD).

"Mari kita jaga puskesmas ini, dan saya minta tenaga kesehatan yang bertugas untuk selalu stand by melayani masyarakat," jelas Apriyadi.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Tenggulang Raya, Junaidi, mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Apriyadi yang telah merealisasikan mimpi warga empat desa yang selama puluhan tahun sangat berharap memiliki tempat pelayanan kesehatan.

"Kami ingat betul pada 14 Maret 2023 Pj Bupati Apriyadi berjanji akan membangunkan puskesmas, dan hari ini bangunan puskesmas telah berdiri dengan kokoh dan cukup megah," ujar tokoh masyarakat Muba itu. *

Berita Lainnya

Index