Wow Ada Program Menarik 1 Desa Bisa Dapat 1 M, Apa Itu?

Wow Ada Program Menarik 1 Desa Bisa Dapat 1 M, Apa Itu?
Foto: Sunarso & Target Ambisius BRI 2024, Perkuat Kapabilitas Ritel Banking (CNBC Indonesia TV)

MimbarDesa.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui program Desa BRILian memberikan hadiah Rp 1 miliar bagi 1 desa terpilih. Apresiasi ini diberikan kepada desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan saat ini BRI memiliki lebih dari 1.800 lebih desa binaan dalam program Desa BRILian. Melalui program ini setiap desa binaan diberdayakan untuk mampu mengembangkan potensi ekonominya, baik wisata, produksi pertanian dan perdagangan, hingga digitalisasi.

"Dan itu kita lombakan setiap tahun. Juara 1 dapat Rp 1 miliar bagi 1 desa untuk pengembangan selanjutnya," ungkap dia dalam CNBC Indonesia Market Outlook 2024, Kamis (15/2/2024).

Untuk diketahui program Desa BRILian diawali sejak 2020 yang merupakan strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah. Program ini juga merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif lainnya, yakni klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro.

Adapun Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa dengan tujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir 2023 terdapat 3.178 desa telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

Secara terpisah Sunarso menegaskan bahwa program Desa BRILiaN merupakan contoh dan fungsi peranan yang unik. Di mana dalam satu program, dua tujuan terpenuhi, yakni menumbuhkan economic value sekaligus social value.

"Program Desa BRILiaN adalah komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan sehingga tidak perlu dipertentangkan. Dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik, maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik," jelas Sunarso. (*) 

Berita Lainnya

Index