Mentan Amran Sebut Pangdam IM Pangdam Terbaik Bidang Ketahanan Pangan

Mentan Amran Sebut Pangdam IM Pangdam Terbaik Bidang Ketahanan Pangan
Foto : Pendim 0117/ Atam

MimbarDesa.com, Aceh Besar - Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. H Andi Amran Sulaiman didampingi Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, melakukan panen jagung dan tanam perdana jagung di lahan Program Ketahanan Pangan I'M Jagong Kodam Iskandar Muda, di lahan Demplot Yonif 112/DJ desa Deunong Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, Selasa(06/02/24).

Menteri Pertanian Amran mengatakan, jagung adalah komoditas tanaman pangan yang sangat strategis dan berpotensi meningkatkan kesejahteraan petani. Selain pangsa pasar yang sangat terbuka, dengan budidaya yang cukup mudah, saat ini harga jagung sangat stabil bahkan cenderung tinggi.

"Kami sangat bangga, karena apa yang telah dilakukan Pangdam IM beserta jajarannya ini, telah sangat membantu dan mendukung program ketahanan pangan nasional, karena ketahanan pangan juga berarti Ketahanan Nasional", ujar Menteri Pertanian.

Menteri Pertanian menyampaikan bahwa telah mendengar, dan sekarang telah melihat langsung, bahwa ada Pangdam yang sangat fokus terhadap pertanian jagung, yaitu Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P. 

Menurut Menteri Pertanian, Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P adalah Pangdam terbaik bidang ketahanan pangan.

Atas upaya yang telah dilakukan oleh Pangdam IM beserta jajarannya dalam menginisiasi dan melaksanakan program ketahanan pangan I'M Jagong, Menteri Pertanian memberikan apresiasi dan turut bangga atas segala upaya yang telah dilakukan oleh Kodam Iskandar Muda.

Program Ketahanan Pangan I'M Jagong merupakan program ketahanan pangan jagung yang diprakarsai Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P. Program I'M Jagong ini telah sukses melaksanakan program penanaman jagung di seluruh wilayah Aceh. Seluruh Jajaran Kodam IM bersama-sama dengan masyarakat antusias dalam mensukseskan program ketahanan pangan I'M Jagong ini.

Mentan Amran juga akan memberikan bantuan langsung kepada petani yang menanam jagung di lahan Program I'M Jagong. Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian, TNI, dan pemerintah daerah untuk mengembangkan pertanian jagung yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat lokal.

Program Ketahanan Pangan I'M Jagong merupakan salah satu contoh keberhasilan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan TNI dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Program ini telah menunjukkan hasil yang nyata dalam meningkatkan produksi jagung di Aceh.

Keberhasilan Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P dalam memimpin program I'M Jagong membuktikan bahwa TNI memiliki peran penting dalam mendukung program pembangunan nasional, khususnya dalam bidang ketahanan pangan.

Program I'M Jagong juga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani jagung di Aceh. Dengan meningkatnya produksi jagung, petani jagung di Aceh mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani jagung di Aceh dan mengurangi kesenjangan ekonomi antara petani dan non-petani.

Program I'M Jagong merupakan model yang baik untuk dikembangkan di daerah lain di Indonesia. Dengan dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan TNI, program ini dapat membantu meningkatkan produksi jagung nasional dan mendukung program ketahanan pangan nasional.**(tarm)

Berita Lainnya

Index