Salah Satunya di Ende, Berikut Sembilan Desa Terkaya di Indonesia

Salah Satunya di Ende, Berikut Sembilan Desa Terkaya di Indonesia

MimbarDesa.com - Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah dengan pembagian wilayah administratif mulai dari Pemerintah Pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa.

Dari banyak ribuan desa di Indonesia, ternyata ada sembilan desa dengan penghasilan terbesar karena mampu memaksimalkan potensi sumber daya di sekitarnya sehingga memberi manfaat bagi perekonomian desa tersebut.

Dilansir victorynews.id dari YouTube Info Unik pada Senin (5/2/2024) berikut ini adalah daftar sembilan desa terkaya di Indonesia.

1.Desa Kutuh 

Desa Kutuh adalah salah satu desa di Bali yang berlokasi di Selatan Badung. Wilayah Bali sendiri dikenal dengan tempat wisata karena pantai dan budayanya sudah menjadi daya tarik bagi para turis.

Desa Kutuh pun turut mengembangkan sektor pariwisata dan menarik para turis untuk menyambangi desa ini.

Desa ini terkenal dengan Pantai Pandawa, atraksi khusus linggis par gliding dan Gunung Payung, Cultural Park. Pendapatan Desa Kutuh mampu menembus angka Rp50 miliar per tahunnya.

2.Desa Ponggok 

Desa Ponggok adalah desa yang terletak di kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dulunya pendapatan di desa ini hanya menyentuh angka Rp80 juta per tahun tapi sekarang mampu berkembang dengan pesat sehingga pendapatan per tahunnya mampu menembus angka miliar.

Desa ini mampu menarik puluhan ribu wisatawan hanya dalam satu pecan. Salah satu destinasi wisata yang ramai adalah Umbul Ponggok yang merupakan mata air dan dimanfaatkan sebagai objek wisata.

3.Desa Krui 

Desa Krui terletak di kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Kalian bisa menemukan Ombak Krui yang terkenal salah satunya di pantai Labuhan Jukung.

Bahkan ombak besar tersebut telah berskala internasional dan telah disandingkan dengan ombak yang ada di Bali bahkan di Hawai.

4.Desa Cikole

Desa Cikole terletak di Lembang Bandung, Provinsi Jawa Barat. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani sayuran mulai dari tomat, sawi, timun, kentang, cabai dan lain-lain.Sudah menjadi rahasia umum jika Bandung adalah salah satu kota yang sejuk serta memiliki pemandangan yang asri.

Desa ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata, jika anda sudah bosan dengan perkotaan yang panas dan ramai.

5.Desa Bendar 

Desa ini adalah salah satu desa yang berada di Pati Jawa Tengah. Desa Bendar termasuk ke dalam desa terkaya karena mayoritas warganya bekerja sebagai nelayan. Mereka memiliki penghasilan yang besar yaitu di Kisaran Rp80 juta.

6.Desa Waturaka

Desa Waturaka menawarkan pemandangan serta ekowisata yang indah. Desa ini terletak di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Banyak turis-turis luar negeri yang mengunjungi Desa Waturaka karena di desa ini para wisatawan diajak untuk beraktivitas layaknya masyarakat asli Desa Waturaka.

Salah satu tempat wisata yang ada di desa ini adalah Danau Kelimutu. Pada tahun 2017 Desa Waturaka pernah dinobatkan sebagai desa wisata alam terbaik.

7.Desa Teluk Meranti

Desa ini terletak di Riau dan sangat populer khususnya bagi orang-orang yang suka berselancar. Banyak peselancar dari dalam maupun luar negeri mengunjungi Riau untuk merasakan ombak di Pantai Bono yang terletak di desa ini.

Desa Teluk Meranti ini juga memiliki beberapa obyek wisata serta kegiatan budaya lainnya yang juga menarik.

8.Desa Sungai 

Desa Sungai terletak di pesisir selatan, Provinsi Sumatera Barat. Desa ini mempunyai pantai serta bukit yang indah, karena itu kerap kali dijadikan sebagai destinasi liburan oleh banyak orang.

Desa yang masih terjaga keasriannya ini memiliki 400 hektar hutan dengan macam biota laut di dalamnya. Salah satu destinasi wisata yang cocok adalah Teluk Carocok.

9.Desa Kasongan

Desa Kasongan terletak di Bantul Yogyakarta. Desa ini dikenal sebagai sentra gerabah. Gerabah Kasongan memiliki sejarah yang panjang sejak abad ke-17. Mayoritas warga desa ini bekerja sebagai pengrajin gerabah.

Hasil dari kerajinan gerabah warga Desa Kasongan biasanya banyak diincar oleh wisatawan mancanegara sehingga warga desa ini dapat sejahtera karena hasil kerajinannya. (*) 

Berita Lainnya

Index