Limbah Medis Puskesmas Panipahan Berserakan Ditempat Sampah, Kapus : Pasien yang Buang

Limbah Medis Puskesmas Panipahan Berserakan Ditempat Sampah, Kapus : Pasien yang Buang

Panipahan - Limbah medis menjadi tantangan tersendiri bagi para penyedia layanan kesehatan. Sebab membutuhkan penyimpanan ataupun pengelolaan yang khusus sebab Limbah medis memiliki bahaya utama yaitu risiko infeksi dari mikroorganisme yang terdapat dilimbah tersebut, infeksi terjadi dikarenakan terkena tusukan benda tajam. Hepatitis B, hepatitis C bahkan sampai HIV/AIDS merupakan ancaman yang paling serius jika terkena tusukan benda tajam karena menimbulkan kecelakaan dan penyakit jika tidak diolah dengan baik dan benar.

Dari serangkaian bahaya diatas nampaknya hanya isapan jempol belaka bagi puskesmas panipahan rokan hilir. Pasalnya limbah medis berserakan begitu saja ditempat pembuangan sampah. 

Kepala puskesmas (kapus) Panipahan Nurhayati saat dikonfirmasi langsung di ruangannya mengatakan bahwa limbah yang berserakan ditempat sampah tersebut merupakan perbuatan dari pasien dan juga kelalaian dari pihaknya. 

"itu pasien yang buang dan kelalaian dari cs kami dan sebenarnya kami sudah ada MoU dengan perusahaan yang bersertifikat dibagan batu untuk menampung limbah medis kami sebab terakhir kami kirim menggunakan ambulans pertengahan tahun 2023 yang lalu," Ujarnya (*) 

Berita Lainnya

Index