Dispursip Kalteng Dorong Peran Perpustakaan Desa untuk Pembangunan Berkelanjutan

Dispursip Kalteng Dorong Peran Perpustakaan Desa untuk Pembangunan Berkelanjutan
Staf Ahli Gubernur Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng menyerahkan penghargaan kepada pemenang Desa/Kelurahan Literasi

Palangka Raya,MimbarDesa.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Dispursip Kalteng) mendorong peran perpustakaan desa demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, Dispursip Kalteng menggelar Rapat Kerja Teknis Pemberdayaan dan Peran Perpustakaan Desa/Kelurahan dalam Kolaborasi untuk Capaian SDGs Desa Menuju Kalteng Makin BERKAH, bertempat di Aula Sungkai, Hotel Putra Kahayan, Kota Palangka Raya, Senin (20/11/2023).

Rapat Kerja Teknis Pemberdayaan dan Peran Perpustakaan Desa/Kelurahan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko. “Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Rapat Kerja Teknis Bidang Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 saya nyatakan resmi dibuka,” ucap Staf Ahli Gubernur Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng saat membuka rapat kerja.

Selanjutnya, Yuas Elko menjelaskan bahwa hakikat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah bertujuan untuk memajukan masyarakat yang adil dan makmur, merata baik material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Perpustakaan Desa/Kelurahan mempunyai peranan yang penting dan strategis, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah”, kata Yuas Elko.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca sekaligus menyosialisasikan peran perpustakaan, termasuk di tingkat desa/kelurahan. Hal ini diharapkan agar masyarakat menjadi semakin cerdas serta mengetahui arti pentingnya perpustakaan tidak hanya pada level pemerintahan, tetapi juga peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi.

Rapat kerja teknis ini merupakan langkah strategis dalam mencalpai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) melalui upaya menyamakan dan menyinergikan penyelenggaraan perpustakaan, khususnya pada perpustakaan desa/kelurahan di Kalteng. Sinergisitas antar dinas/lembaga se-Kalteng bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi maupun Kabupaten/Kota diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya siswa dan guru sebagai penggiat literasi di dunia pendidikan.

“Saya berharap semua pihak dapat bersinergi agar mencari terobosan dan inovasi baru sesuai dengan karakter masyarakat kita, bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dan para pegiat, komunitas, kelompok dan organisasi masyarakat. Mari bersama-sama kita majukan Kalimantan Tengah”, pungkas Yuas Elko.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Elahni Hajati juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. “Rapat kerja teknis ini bertujuan agar terpetakan dan terumuskannya sebuah rekomendasi antar lembaga sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dalam mendukung penyelenggaraan perpustakaan Desa/Kelurahan. Kemudian, pemantapan program kegiatan Bidang Perpustakaan Desa/Kelurahan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah”, kata Elahni.

Tampak hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI Nani Suryani. Selain itu, hadir pula diantaranya perwakilan dari Bappedalitbang Prov. Kalteng serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalteng memaparkan materi bagi para peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tingkat Provinsi/ Kabupaten/Kota. Acara ini juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada Pemenang Lomba Pemilihan Desa/Kelurahan Literasi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 dan Penerima Piagam Penghargaan dari Gubernur tentang Capaian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM). (Chdy)

Berita Lainnya

Index