Hari Pohon Sedunia, Kemenko PMK Melakukan Penanaman Pohon di Desa Tarumajaya

Hari Pohon Sedunia, Kemenko PMK Melakukan Penanaman Pohon di Desa Tarumajaya

Tarumajaya,MimbarDesa.com - Memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada hari ini, 21 November 2023, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bekerja sama dengan BPDAS Citarum KLHK melakukan penanaman 11.000 pohon untuk mendukung Program Percepatan Pengendalian dan Kerusakan DAS Citarum. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tarumajaya yang berada di KM 0 DAS Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (21/11/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kedeputian Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK dalam rangka Pemerataan Pembangunan Wilayah melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kegiatan edukasi dan pemberdayaan terkait posisi sebagai wakil ketua III Pengarah Tim PPK DAS Citarum. Kegiatan penanaman ini sebagai bagian dari implementasi program 10 juta pohon dalam kerangka program besar Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Aris Darmansyah yang pada kesempatan ini mewakili Menko PMK menyampaikan, tujuan jangka panjang dari penanaman pohon ini adalah dalam rangka upaya pengurangan risiko bencana di wilayah DAS Citarum. Wilayah DAS Citarum adalah salah satu daerah yang rentan terhadap bencana alam, terutama banjir dan longsor.

“Melalui penanaman pohon, diharapkan kita mampu mengurangi risiko bencana tersebut dengan cara-cara yang sederhana namun sangat efektif,” tutur Aris Darmansyah.

Asisten Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah Ivan Syamsurizal menambahkan bahwa Kegiatan Penanaman ini juga diarahkan sebagai bentuk apresiasi dan upaya immbal jasa lingkungan terhadap Desa Tarumajaya dalam menjaga kualitas lingkungan di Titik 0 DAS Citarum yang sangat berpengaruh terhadap wilayah sekitar DAS dan bahkan sampai ke Jakarta.

“Kegiatan penanaman ini yang dominan pada jenis pohon produktif berbuah, diharapkan juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat tarumajaya secara keseluruhan. Tahun ini merupakan tahap kedua sejak dimulainya program pada tahun 2022,” ungkap Ivan.

Kepala Desa Tarumajaya Ahmad Iksan dalam Berbagai mengapresiasi Kemenko PMK yang telah mendampingi Desa Taruma Jaya dalam Program Prioritas Desa melalui program Konservasi dan Pelestarian Lingkungan. Pada tahun 2022, Kemenko PMK telah memberikan bantuan bibit buah sebanyak 10.000 bibit. Tahun ini, Desa Tarumajaya mendapatkan bibit eucalyptus sebanyak 9.000, alpukat 2.000, dan kopi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusuma yang mewakili Bupati Bandung menyampaikan, penanaman pohon ini merupakan tanggung jawab jawab konservasi lingkungan yang selaras dengan visi Kabupaten Bandung Bedas, yaitu mengoptimalkan pembangunan daerah berbasis partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi kreativitas dalam bidang kearifan lokal dan berwawasan lingkungan.

“Pohon salah satunya memiliki fungsi mitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman dan mengurangi peluang penyebaran patogen di antara hewan dan manusia,” tutur Asep.

Setelah penanaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke 0 KM DAS Citarum di Danau Cisanti. Turut hadir Sekretaris Deputi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Eni Rukawiani, Asisten Deputi Mitigasi Bencana dan Konflik Sosial Asril, Direktur Perencanaan Teknis Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendesa PDTT Dewi Yuliani, Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus Kemendesa PDTT Dwi Rudi Hartoyo, Perwakilan BPDAS Citarum, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Dinas PMD, Dinas Hortikultura dan Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ridwan Budiarto, Komandan Sektor 1 dan Sektor 23 Citarum Harum Kolonel Infantri Warson Purba dan Kolonel Infantri Agus Suhendar, perwakilan Kemenkomarves, Babinsa, dan para pendamping desa. (Chdy)

Berita Lainnya

Index