Kembangkan Potensi Desa di Kabupaten Kampar, PJ Bupati MoU dengan UGM

Kembangkan Potensi Desa di Kabupaten Kampar, PJ Bupati MoU dengan UGM

Kampar,MimbarDesa.com - Penjabat Bupati Kampar H Muhammad Firdaus terus mencari cara agar desa-desa di Kampar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu cara yang ditempuhnya adalah melakukan kerja sama dengan universitas ternama di Indonesia.

Atas dasar niat itu pula, Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus melakukan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Gajah Mada (UGM) tentang Penguatan Kolaborasi UGM dalam pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan perekonomian desa. Penandatanganan MoU ini diselenggarakan di Ballroom Grand Rohan Yogyakarta, Kamis (26/10/2023).

Hadir pada kesempatan itu diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kampar M. Faisal, ST, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kampar Ir. Azwan, Kepala Bapeda Kampar Ardy Mardiansyah, Kepala Diskominfo Yuriko Efril, Kepala Dinas PMD Lukmansyah Bado’e, Kepala Bagian Kerjasama M Zaki, Kepala Bagian Hukum Khairuman, Rektor Universitas Gajah Mada Dr Handi Antonius beserta Civitas Akademi UGM Yogyakarta.

Usai mengikuti dan menandatangani MoU bersama UGM Yogyakarta, Pj Bupati Kampar ketika memberikan keterangan menyebutkan, kerja sama ini sangat penting untuk meningkatkan perekonomian desa di Kabupaten Kampar.

Muhammad Firdaus menjelaskan terdapat sejumlah isu strategis dalam pembangunan Provinsi Riau. Salah satunya terkait pengembangan desa, termasuk melalui KKN. Lewat kegiatan KKN diharapkan bisa mengubah paradigma masyarakat menjadi lebih maju dan menghasilkan berbagai inovasi bagi pemerintah desa.

Muhammad Firdaus mencontohkan, banyak desa di Kabupaten Kampar bisa mengembangkan Bumdes yang bisa membuat desa mandiri seperti pengembangan pariwisata yang mendukung perekonomian warganya.

"Kampar punya potensi yang sama dengan Jogja, banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dan harapannya ada pemikiran dari UGM bisa terapkan di Kampar," ujar Firdaus.

Dia berharap dengan kehadiran perguruan tinggi, dalam hal ini UGM, mampu memberikan warna bagi pembangunan dan pengembangan Kabupaten Kampar. Katanya, usai pertemuan ini nantinya diharapkan ada tindak lanjut seperti FGD lebih mendalam untuk membahas isu-isu strategis di Kabupaten Kampar.

Sementara itu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diwakili Sekretaris Bapeda Provinsi DIY, Tri Retnani dalam sambutannya menyampaikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Sekolah Pascasarjana dan Pemerintahan Kabupaten Kampar diharapkan menjadi terobosan baru bagi Kabupaten Kampar Provinsi Riau untuk mengembangkan SDM masyarakat desa di Kabupaten Kampar di masa yang akan datang.

Dengan menggandeng Sekolah Pascasarjana UGM dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di lingkungan pemerintahan patut diapresiasi, sebab saat ini kata dia dibutuhkan langkah-langkah konkrit dan nyata untuk membentuk tenaga pemerintahan yang handal, inovatif dan profesional.

Selain itu, tujuan dari PKS ini adalah mendayagunakan dan memberdayakan potensi serta peranan Pemda Kampar dan UGM saling mendukung untuk meningkatkan fungsi kepemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam lingkup pemberian, pertukaran, serta pengembangan informasi dalam rangka pembangunan daerah. (Chdy)

Berita Lainnya

Index