Setelah 10 Tahun Desa Aliantan Dikunjungi Gubernur Riau, Kades Rois Merasa Bermimpi

Setelah 10 Tahun Desa Aliantan Dikunjungi Gubernur Riau, Kades Rois Merasa Bermimpi

Rohul,MimbarDesa.com - Kepala Desa (Kades) Aliantan, Rois Zakaria merasa semringah, lantaran turnamen voli yang digagasnya bisa dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Ajang olahraga antardesa dan antarkecamatan itu digelar, Rabu (6/9/2023).

Pembukaan turnamen voli Kepala Desa dan pemuda cup ditandai dengan service perdana oleh Gubri Syamsuar. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan pertama regu putra antara Tim tuan rumah, Pada Aliantan vs TBM Kalsa Kabun.

Turut hadir pada pembukaan turnamen tersebut Bupati Rohul, Sukiman dan sejumlah pejabat dari pemerintah daerah setempat, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah itu.

Pertandingan tersebut dilaksanakan di lapangan Bola Voli Rajawali, Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Pertandingan ini diikuti 16 tim regu putra dan 16 tim regu putri dengan skala usia umum. Pesertanya berasal dari Kecamatan Kabun dan Kecamatan Tandun.

"Acara yang kita taja ini adalah Turnamen Bola Voli Kades dan Pemuda Cup dalam rangka memperingati hari olahraga nasional ke-40. Kegiatan ini sekaligus pelantikan pengurus Pemuda Desa aliantan periode 2023-2026," ucap Kades Aliantan, Rois Zakaria, kepada Media Center Riau, Kamis (7/9/2023).

Dijelaskan dia, kegiatan ini digagas untuk mempererat hubungan yang baik para pemuda di Kecematan Tandun dan Kecamatan Kabun, Kabupaten Rohul.

"Kami merasa seperti bermimpi dan sangat bangga sekali dengan kehadiran Bapak Gubernur Riau, Syamsuar, karena hampir 10 tahun lebih belum pernah gubernur datang ke desa kami. Dengan kedatangan Pak Gubernur dan Pak Bupati Rokan Hulu ke desa kami rasanya sudah  lengkap pejabat daerah yang datang ke desa kami," ujar Rois Zakaria.

Rois berharap, untuk ke depannya Gubernur Riau bersama Bupati Rohul bisa meningkatkan perhatiannya untuk pembangunan sektor pariwisata di Desa Aliantan. Karena di wilayah tersebut memiliki potensi wisata alam yang mampu mendorong ekonomi masyarakat desa.

Dijelaskan dia, Desa Wisata Aliantan pernah didatangi wisatawan mancanegara (Wisman) dari Yaman, Malaysia, Singapura, Jepang, Thailand, dan Jerman. Turis itu menginap di destinasi wisata Suligi Hill 812 mdpl Desa Aliantan.

Selain itu, desa yang pernah viral dengan jenama desa di atas awan itu pernah mewakili Riau Juara 1 ajang pariwisata tingkat nasional. Desa Aliantan dinobatkan sebagai destinasi dataran tinggi terpopuler pada ajang Anugrah Pesona Indonesia.

"Mudah mudahan ke depannya Pak Gubernur dan Bupati Rokan Hulu bisa mengembangkan pembangunan objek wisata di daerah kita. Alhamdulillah, tahun 2019 desa kita pernah juara 1 lomba destinasi desa wisata tingkat provinsi Riau dan tahun 2019 juga mewakili Riau ke nasional, kategori dataran tinggi terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia," ungkap Rois.

"Kami berkomitmen membangun desa wisata di kampung kami. Pokdarwis dan The Carataker di sini siap bekerja sama. Semoga prestasi yang kita ukir ini tidak dilupakan begitu saja, karena sidah mengharum Riau ke nasional," tutur Rois.

Sementara Gubri Syamsuar menyampaikan, turnamen olahraga antarkecamatan dan antardesa dapat menjadi sebuah momen untuk mempersiapkan atlet-atlet yang berprestasi untuk mewakili Riau. Oleh karena itu, dia mendukung upaya yang dikerahkan kepala desa dan para pemuda terhadap penyelenggaraan turnamen voli di Desa Aliantan.

"Dengan adanya upaya pemuda, kepala desa serta tokoh masyarakat yang menyelenggarakan ini secara terus menerus kami harapkan ada atlit bola voli yang membanggakan di masa yang akan datang. Harapan saya, anak Rohul ini menjadi barometer dari Desa Aliantan dan semua desa yang ada di Riau. Sehingga, menjadi semangat untuk menyemarakkan olahraga bola voli," sebutnya.

Diakhir sambutannya, Mantan Bupati Siak dua periode itu mengharapkan turnamen yang diselenggarakan berjalan lancar. Selain itu bisa berjalan dengan sportivitas yang tinggi.

"Semoga turnamen ini terlaksana dengan sportivitas yang tinggi. Melahirkan prestasi untuk Desa Aliantas khususnya, Kecamatan Kabun umumnya. Mari kita jaga kebersamaan dan kekompakan kita memajukan negeri ini dimasa akan datang, selain rakyatnya yang sejahtera, juga olahraga yang maju," ucapnya. (mey) 

Berita Lainnya

Index