Indahnya Desa Wisata Ulu Kasok, Dijuluki Raja Ampatnya Riau

Indahnya Desa Wisata Ulu Kasok, Dijuluki Raja Ampatnya Riau

Kampar,MimbarDesa.com - Keindahan Raja Ampat Papua Barat sudah tidak diragukan lagi, bahkan Raja Ampat sendiri sudah kesohor hingga luar negeri. Namun untuk menikmati keindahan alam bak Raja Ampat, detikers bisa juga berkunjung ke Provinsi Riau. Di sini ada desa wisata bernama Desa Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Gadang Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia.
Ulu Kasok sering dikaitkan dengan Raja Ampat di Papua Barat, karena tempatnya yang disebut mirip. Walaupun Ulu Kasok memang bukan raja Ampat, namun Ulu Kasok memiliki keindahan layaknya wisata populer dengan pulau-pulau yang dikelilingi air danau.

Daya Tarik Ulu Kasok
Adapun daya tarik dari Ulu Kasok seperti alaminya danau yang menjadi kawasan objek Ulu Kasok. Daya tarik ini merupakan yang utama sebagai penggerak pariwisata. Ulu Kasok ini memiliki pemandangan dengan air danau berwarna hijau kebiru-biruan dan berada di sekeliling bukit-bukit yang tinggi dan yang menjadikannya menarik ada pulau-pulau kecil di permukaan air yang membuat danau itu mirip dengan Raja Ampat.

Sejarah Singkat Ulu Kasok
Ulu Kasok juga merupakan danau buatan, Ulu Kasok dulunya hanya pedesaan, pihak PLTA melakukan relokasi penduduk yang ada di situ dengan tujuan untuk membuat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Koto Panjang.

Ulu Kasok diambil dari nama sungai di sekitar kawasan itu. Masyarakat setempat menamainya dengan sungai Kasok. Lokasi wisata itu berada di hulu atau ulu Kasok. Makanya dinamakan dengan 'Ulu Kasok'.

Fasilitas Ulu Kasok
detikers dapat menikmati wisata Ulu Kasok, yang menyajikan tiga objek wisata alam, yaitu air terjun, wisata pulau, dan puncak Ulu Kasok. Namun, dari ketiga tempat itu yang paling sering dikunjungi adalah puncak Ulu Kasok.

Hampir semua wisatawan yang datang bertujuan untuk mendapatkan foto dengan background lanskap mirip Raja Ampat ini. Detikers juga bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau dan melihat pulau-pulau kecil tersebut dari dekat.

Harga Tiket Masuk Ulu Kasok
Bagi detikers yang ingin mendatangi Ulu Kasok, tiket masuk wajib dibayarkan dibagi ke dalam 2 kategori. Yang pertama biaya masuk dan kedua biaya parkir kendaraan. Harga tiket tersebut berlaku bagi wisatawan domestik dan wisatawan internasional (mancanegara).

Tiket Masuk: Rp. 10.000,-/orang

Tiket Kendaraan: Rp. 10.000 (roda empat) dan Rp. 5000 (roda dua)/ unit

Itulah tempat wisata Ulu Kasok Riau, yang memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua Barat. Untuk detikers yang ingin mengunjungi Ulu Kasok, semoga Informasi ini bermanfaat.

Artikel ini ditulis Muthi' Nur Hanifah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom. (Mey) 

Berita Lainnya

Index