Direktorat Intelkam Polda Riau Bersinergi dengan Pengurus MUI Kab. Kampar dalam mencegah paham radikal diwilayah Kab. Kampar

Direktorat Intelkam Polda Riau Bersinergi dengan Pengurus MUI Kab. Kampar dalam mencegah paham radikal diwilayah Kab. Kampar

KAMPAR, MIMBARDESA.com - Perwira Subdit Kamsus Direktorat Intelkam Polda Riau AKP EDI JUNAIDI, S.H bersama anggota melaksanakan kunjungan silaturahmi terhadap Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Kampar H. Jon Kanedi, M.E.Sy di Kantor MUI Kab. Kampar.
Kegiatan silaturahmi ini dalam rangka meningkatkan hubungan dan sinergitas dengan para tokoh agama untuk secara bersama-sama mencegah dan menagkal paham radikal diwilayah Kab. Kampar guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas menjelang, pada saat dan setelah pelaksanaan  pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“AKP EDI JUNAIDI, S.H menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu 2024, maka pihak Kepolisian berharap kepada para tokoh agama di Kab. Kampar  agar tetap mendukung dan membantu pihak Kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya  radikalisme serta meredam segala bentuk isu-isu provokasi di Kab. Kampar” ujarnya.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Kab. Kampar H. Jon Kanedi, M.E.Sy mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Dit Intelkam Polda Riau atas dedikasi yang telah diberikan kepada Kabupaten Kampar, terutama dalam pembinaan dan upaya membentengi masyarakat dari paham radikalisme. 

Untuk mencegah paham radikalisme lanjut H. Jon Kanedi, M.E.Sy menyatakan memang diperlukan peran banyak pihak, semua pihak harus bersinergi menangkal paham yang merupakan salah satu ancaman tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah terbangun sejak lama.

Pengurus MUI kab. Kampar akan bahu-membahu dengan semua pihak untuk menyelamatkan generasi masa depan dari bahaya radikalisme. Pengurus MUI kab. Kampar bersama Pemkab Kampar dan pihak Kepolisian akan bersinergi secara bersama-sama membangun ideologi masyarakat berlandaskan Pancasila.

Paham radikalisme harus ditangkal, karena merupakan bahaya yang dapat mengganggu stabilitas daerah, sebab itu pengurus MUI kab Kampar mengajak seluruh lapisan masyarakat, Ormas, OKP dan lembaga swadaya masyarakat (LSM)  agar berperan aktif dalam menangkal paham radikalisme dengan cara menguatkan ideologi Pancasila sebagai landasan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
Semua potensi konflik sosial yang didasari pertikaian masalah agama harus diantisipasi sejak awal, termasuk kemungkinan masuknya paham - paham yang bertentangan dengan pancasila yang dapat merusak kehidupan masyarakat dikab Kampar yang agamis.

“Semoga pertemuan ini akan terus terjalin dan kami siap mendukung langkah  Kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga setiap tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 di kab. Kampar berjalan dengan aman, sejuk dan damai,” ucapnya. (MD01) 

Berita Lainnya

Index